Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; SlideshowPluginWidget has a deprecated constructor in /home/nusaray1/public_html/wp-content/plugins/slideshow-jquery-image-gallery/classes/SlideshowPluginWidget.php on line 8
Waspada Bakteri Akibat Banjir dan Virus Corona - Total Auto Mania

Waspada Bakteri Akibat Banjir dan Virus Corona

Totalautomania.com, Jakarta (04/03) – Banjir di Jakarta belum hilang dalam ingatan. Sisa-sisa genangan air dan proses pengeringan masih nampak, karpet yang basah, jok yang dijemur malah ada yang bongkar mesin dan terbilang mahal biayanya. Belum lagi sofa dan perabotan yang ikut digerus banjir sangat miris melihatnya, bukan karena banjir yang sering datang berulang, namun masalah Jakarta tidak bisa menghindari musibah ini. Karena dataran terendah sudah mencapai 1,5m di bawah permukaan laut. Wow!

Kini datang lagi wabah yang ikut mencekam yaitu virus Corona atau diistilahkan dengan Covid-19. Virus yang datang dari Negara Wuhan, China tersebut merenggut korban sebanyak 3ribu lebih dan belum lama Indonesia dinyatakan Negara yang ikut terinfeksi (2/3/2020). Setelah korban diketahui positif berasal dari Depok, Presiden Jokowi baru menyatakan kesiapsiagaannya terhadap virus yang sejenis SARS dan MERS. Dengan kata lain bisa menyebar melalui udara meski tanpa bersentuhan langsung.

TOTAL Sintetik Antibacterial

Nah, bagaimana sikap kita menghadapi ancaman banjir dan cara mengatasinya terutama di lingkungan terdekat? Bagaimana dengan bahan TOTAL menghadapi virus tersebut? Pertama, melihat faktor masalah banjir tentu bahan sintetik TOTAL bukan ancaman, karena PVC ini tahan air dan begitu juga kedap udara. Jadi, apapun itu kulit sintetik dengan ketebalan 1,4m ini sangat mampu menahan air masuk dan menangkal zat apapun (water resistant).

Ancaman yang  nyata dari bencana banjir adalah saat air masuk ke dalam kabin dan menyebabkan rembesan pada karpet. Tentu pekerjaan dua kali, bongkar jok dan semua yang menyangkut interior ikut dibersihkan. Di samping mesin dan kelistrikan mobil ikut dicek. Tindak lanjutnya kendaraan harus segera ke bengkel jok dan diurut permasalahannya, malah jika karpet sudah dibongkar, biasanya jok ikut dikeringkan dan dibersihkan karena bau tidak sedap, jangan sampai didiamkan begitu saja.

Syukur jika anda sudah mengganti pelapis jok dengan TOTAL Synthetic Leather, jika masih berbahan pabrikan akan fatal akibatnya. Asal tahu, kondisi hujan tidak hanya menyebabkan basah namun juga menimbulkan penyakit lainnya. Bayangkan jika jok anda berdebu selain menjadi sarang bakteri juga virus lho. Selain itu, faktor lain bertambah, basah dan udara pada saat hujan dingin akan menurunkan daya tahan tubuh serta meningkatkan risiko penyebaran virus influenza hingga ISPA, Nah lho.

Makanya siapkan sanitizer di mobil anda, paling tidak tissue kering atau basah. Mari sehat mulai dari kabin kendaraan kita dan tempat duduk.  Seperti yang disarankan pemerintah yaitu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) selama musim penghujan. Menjaga jok kita tetap kering adalah tindakan bijaksana. Namun sebelumnya harus pintar memilih pelapis yang baik dan mengandung antibacterial sehingga penyakit tidak mudah menempel. Selain merawat jok yang baik juga rajin-rajinlah membersihkan kabin secara keseluruhan sehingga badan tetap fit meskipun berlama-lama di dalam mobil.

Usai banjir dibahas kini datang wabah terbaru yaitu virus Corona. Virus yang berbahaya ini ini belum ada obatnya. Menurut Kepala Lembaga Eijkman Institute Amin Soebandrio virus Corona mudah berkembang di tempat lembab seperti Middle East Respiratory Syndrome atau MERS-CoV dan Severe Acute Respiratory Syndrome atau SARS. Hebatnya bisa bertahan 5 menit hingga 9 hari ketika menempel di benda mati. Namun Amin menambahkan, belum ada kajian khusus terkait penyebaran wabah virus corona baru yang terjadi di Wuhan, China. Yang jelas kita gak boleh panik ya guys. (AH)

WhatsApp Butuh Info Tambahan? Chat Kami