Tips Memilih Kulit Jok Sebelum dan Setelah Mudik

Totalautomania – Memilih kulit jok atau pelapis jok kendaraan memang mudah, namun untuk hasil dan kualitas yang baik perlu memperhatikan beberapa hal sekaligus cara pandangnya. Sebelum mengganti pelapis jok ada baiknya tentukan dulu budget, peruntukan dan kenyamanan dalam memilih sarung jok. Selain variannya banyak cara pemasangan, model dan kelengkapan juga ikut diperhatikan untuk keharmonisan jok itu sendiri.

Umumnya pelapis jok terbagi menjadi dua yaitu jok kulit asli dan jok kulit sintetik. Tentu jok kulit asli lebih mahal karena terbuat dari kulit asli yang biasanya lebih adem. Sedangkan jok kulit sintetik terbuat dari bahan kulit sintetik atau buatan sehingga materialnya bersifat PVC dan tidak tembus air dan tahan lama.

A. Pilih Sintetis Pilihan

 

Saat ini kebanyakan orang cenderung memilih kulit sintetis sebagai acuan dalam melapis jok sebagai pengganti sarung asli atau bawaan kendaraan. Pemahaman tentang kulit sintetis yang baik adalah sebagai berikut :
  • Pilih yang tebal sehingga memberikan jaminan akan ketahanan dan keawetan. Unsur ketebalan juga berbeda-beda setiap kulit sintetis kisaran memiliki ukuran sesuai gramatika yaitu 1mm sampai 1,4mm. Jika anda pilih yang pasaran tebalnya maka ketahanan dan kualitasnya akan berbeda dengan sintetis yang dibawahnya, contoh Total memiliki tebal 1,4mm.
  • Pelapis yang baik biasanya disertai lapisan UV Protection dan Ultraviolet sehingga mampu menahan panas dalam suhu yang tinggi seperti termasuk panas matahari langsung. Ditambah lagi dengan double coating sehingga tahan terhadap paparan UV yang dapat membuat warna tidak memudar dan dapat menyesuaikan temparatur kabin mobil supaya tidak mengundang hawa panas atau lembab.
  • Memiliki lapisan kain double knitted dan karakter bahan yang lebih kuat jika ditarik oleh kedua tangan sehingga bisa kembali lagi seperti semula. Meskipun bahan sintetik memiliki tingkat kelenturan yang berbeda-beda tergantung dari kombinasi PVC dan lapisan tadi. Biasanya bahan yang tipis rawan terjadi robek atau rusak karena tidak tahan terhadap gesekan dan guncangan. Serta perhatikan karakter kulit yang memiliki tingkat elastisitas yang bermutu internasional yang tentunya pelapis jok anda tidak cepat retak-retak.
  • Pilih sintetis yang mempunyai karakter antibacterial yang lifetime sehingga jamur dan bakteri pun sulit mengendap di pelapis jok dan interior mobil Anda.
  • Memiliki formula fire retardant yang artinya tidak mudah terbakar dan dapat mempersempit ruang penyebaran api jika terjadi kebakaran setempat.
  • Memiliki kandungan anti slip yaitu menjadikan pelapis jok tidak licin, sehingga aman dan nyaman saat dikendarai di berbagai lintasan jalan.

B. Pemasangan

Dalam hal pemasangan usahakan jok uang anda pilih beserta modelnya dilakukan secara permanen atau paten. Hal ini untuk menjaga kenyamanan, kerapihan dan densiti jok yang selalu aman. Berbeda dengan metode sarung atau semi paten, bentuk dan tekstur jok sangat kurang terlihat keasliannya. Untuk menjaga pemasangan yang rapih dan sesuai kebutuhan mudik anda, perlu diperhatikan hal berikut:

  • Mintalah informasi model jok yang diinginkan. Biasanya pihak seatmaker menyarankan untuk model standar jok terlebih dahulu, namun bila perlu diberikan aksen warna dan jahitan yang bisa membantu inspirasi anda. Sehingga tidak monoton atau rileks dimanapun.
  • Mintalah densiti busa yang baik sehingga jok yang anda duduki tidak mudah kempes.
  • Jahitan setidaknya doble stitch sehingga terkesan style dan aman untuk pemakaian jangka panjang.
  • Jika mungkin berikan kombinasi bahan yang dotted atau bintik di bagian tengah sehingga akan terjadi sirkulasi dan mengurai udara supaya tidak panas.
  • Jangan bikin model garson atau penuh lipatan karena perlu ekstra perawatan dan banyak debu yang menempel.
  • Kalau interior gelap biasakan kombinasi dengan warna terang atau sesuaikan dengan warna dashboard. Minimal warna benang pada jahitan disesuaikan dengan warna body mobil sehingga terkesan harmonis.
  • Simpanlah pelapis asli sewaktu waktu akan dijual bisa dipasang lagi tanpa mengganggu harga pasaran mobil anda. (Ade)

WhatsApp Butuh Info Tambahan? Chat Kami