Pentingnya Merawat Kaca Spion di Musim Hujan

Totalautomania – Fungsi kaca spion begitu banyak seperti melihat keadaan atau lalu lintas yang ada di belakang kendaraan, atau pada saat memundurkan kendaraan, ataupun untuk melihat kebelakang pada saat akan membelok/pindah lajur lalu lintas.

Pada saat musim hujan fungsi kaca spion menjadi salah satu hal yang terpenting untuk mengurangi resiko kecelakaan pada pengemudi mobil. Fungsi kaca spion pada musim hujan membantu mempertegas titik pandang pengemudi terhadap kendaran lainnya yang berada dibelakang maupun disampingnya. Pengemudi pada musim hujan lebih baik untuk sering melihat kaca spion setiap 5 sampai 8 detik.

Karena fungsinya yang penting, spion mobil harus dirawat dengan baik, apalagi di musim hujan, kondisi kaca spion akan semakin cepat buram terkena air hujan. Berikut cara merawat spion kendaraan saat musim hujan :

  1. Menghilangkan lumpur segera jika spion kendaraan anda terkena lumpur, jangan dibiarkan sampai kering. Jika terlanjurkarena lupa tidak dibersihkan akan semakin sulit. Sehingga untuk menghilangkan lumpur yang terlanjur mengering, lakukan cara khusus selain menggosok. Cukup dengan mencipratkan air sabun ke spion yang terkena. Didiamkan beberapa saat, kemudian gosok perlahan bagian sampai lumpur terlepas dan bersih.
  2. Membersihkan karat spion dengan cara melepas spion (elektrik mobil), lalu bersihkan rongga gerak spion dengan menggunakan kuas kecil. Jika masih sulit bisa di amplas dengan menggosoknya secara perlahan. Jika sudah dirasa bersih, pasang kembali spion.
  3. Bercak air memang sering muncul pada kaca spion kendaraan, cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan yakni dengan campuran vinegar dan air, ukurannya perbandingan 2:1 sebab vinegar merupakan zat asam yang aman untuk kaca spion.
  4. Siapkan kain kanebo Jika kendaran kita terkena air gerimis, bisa gunakan kain kanebo untuk mengelap.
  5. Parkir kendaraan di tempat yang aman dari percikan air hujan.

WhatsApp Butuh Info Tambahan? Chat Kami